Bisnis Ourcitrus Telah Mengantongi SIUPL Yang Diterbitkan Oleh BKPM

Back to Posts

Bisnis Ourcitrus Telah Mengantongi SIUPL Yang Diterbitkan Oleh BKPM

Dengan diterbitkannya SIUPL No. 20/1/IU/PMDN/2018 atas nama PT. Gemilang Citrus Berjaya bertanggal 23 Maret 2018 oleh BKPM, maka bisnis Ourcitrus sudah memenuhi semua syarat legalitas sebagai perusahaan direct selling atau MLM di Indonesia.

Dengan dipenuhinya legalitas sebagai perusahaan direct selling atau MLM, maka proses-proses bisnis yang dijalankan legal sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia dan sekaligus memberikan jaminan perlindungan hukum kepada seluruh mitra atau member bisnis Ourcitrus dalam menjalankan proses bisnis-nya.

Perusahaan Direct Selling atau Multi Level Marketing (MLM) di Indonesia wajib memiliki izin SIUPL (surat izin usaha penjualan langsung) yang dikeluarkan oleh BKPM sesuai dengan Permendag No. 32 Tahun 2008.

Apabila sebuah perusahaan direct selling atau MLM yang menjalankan usahanya tanpa memiliki SIUPL maka perusahaan tersebut dinyatakan ILEGAL oleh pemerintah RI, dan sudah barang tentu semua kegiatan bisnis yang dilakukan juga ilegal.

Masyarakat dihimbau agar lebih waspada dan berhati-hati pada saat menjalankan bisnis MLM, pastikan bahwa perusahaan MLM yang akan diterjuni sudah memiliki SIUPL, agar proses-proses bisnis yang dijalankan oleh mitra usaha atau member dilindungi oleh undang-undang.

Hal ini belum banyak diketahui oleh masyarat kebanyakan, sehingga begitu banyak masyarakat yang terjebak dalam bisnis money game atau sejenisnya yang berkedok MLM, karena tergiur dengan iming-iming bonus yang fantastis, namun tragisnya pasti berakhir dengan masalah atau bahkan penipuan.

Masyarakat dihimbau untuk lebih waspada dan segera melaporkan ke BKPM RI jika menemukan praktek bisnis MLM atau Direct Selling atau money game yang berkedok MLM tanpa disertai dengan legalitas sesuai undang-undang.

Untuk menjamin bahwa bisnis MLM yang tengah diterjuni atau akan diterjuni aman sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, paling tidak harus memenuhi 5 hal berikut:

  • Perusahaan sudah memiliki SIUPL
  • Produk-produk yang dipasarkan sudah mendapat sertifikasi dari BPOM
  • Memiliki kantor dengan alamat yang benar dan jelas
  • Memiliki program pemasaran yang jelas, transparan, rasional
  • Memiliki kode etik dan peraturan perusahaan yang lazim berlaku di bidang usaha Penjualan Langsung

Jika tertarik untuk terjun menjalankan bisnis direct selling, bijaksanalah dalam memilih bisnis MLM untuk menghindarkan kerugian-kerugian yang bakal ditimbulkan kedepannya dan pastikan bisnis MLM yang dipilih sudah memenuhi syarat legalitas.

Ferry Yulianto
@2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Posts
%d bloggers like this: