6 Pilar Sukses Menjalankan Bisnis MLM

Back to Posts

6 Pilar Sukses Menjalankan Bisnis MLM

Saat ini begitu marak bisnis MLM yang ada di Indonesia dengan berbagai produk dan beragam system bonus yang ditawarkan. Keuntungan bagi masyarakat Indonesia adalah memiliki banyak pilihan untuk menentukan bisnis MLM mana yang akan ditekuni.

Berikut adalah 6 pilar sukses menjalankan bisnis MLM yang dapat dijadikan pegangangan untuk menentukan pilihan berbisnis MLM:

  1. Profile Perusahaan
  2. Produk
  3. Marketing Plan
  4. Support System
  5. Garis Sponsorisasi
  6. Momentum Yang Tepat

Profile Perusahaan

Profile perusahaan menjadi pilar pertama dalam menentukan pilihan bisnis MLM, karena menjalankan sebuah bisnis tentunya berharap untuk jangka panjang bahkan untuk seumur hidup, sehingga sangat penting untuk kita pelajari terlabih dahulu perusahaan mitra bisnis kita mulai dari legalitas, managment, keberadaan kantor pusat, kekuatan financial, visi dan misi perusahaan.

Di Indonesia telah diatur bahwa perusahaan dengan menggunakan system network marketing atau MLM dikatakan memenuhi legalitas apabila sudah memiliki SIUPL (surat ijin usaha penjualan langsung). Hal ini telah diterangkan dalam PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 13/M-DAG/PER/3/2006 Surat Izin Usaha Penjualan Langsung selanjutnya disebut SIUPL, adalah Surat Izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan dengan sistem Penjualan Langsung.

Maka sangat beresiko apabila menentukan pilihan bisnis MLM pada sebuah perusahaan yang belum memiliki SIUPL  atau perusahaan MLM yang ilegal.

Produk

Produk menjadii pilar ke dua saat menentukan pilihan bisnis MLM, pastikan produk yang dipasarkan adalah produk yang dibutuhkan oleh pasar dan yang lebih penting lagi produk yang dipasarkan harus sudah memiliki sertifikasi dari badan-badan terkait misalnya BPOM (badan pengawasan obat dan makanan).

Jika produk yang ditawarkan adalah produk yang dibutuhkan oleh pasar dan sudah memenuhi syarat legalitas maka akan menjadi sangat mudah pada saat kita mengembangkan jaringan bisnis kita.

Varian, Ketersediaan dan inovasi produk juga perlu dipertimbangkan, hal ini untuk menjaga kepercayaan pasar dan membuat pasar selalu fresh dan tidak monoton. Terlebih jika perusahaan MLM yang menjadi pilihan memiliki pabrik sendiri jelas ini akan memberikan “selling point” tersendiri.

Marketing Plan

Marketing Plan yang sederhana dan mudah mendapatkan bonus yang berkelanjutan menjadi salah satu pilar penting. Tidak banyak syarat dan tidak berbelit-belit, transfer bonus dilakukan secara otomatis by payroll system, tidak ada tutup poin setiap bulan menjadi pertimbangannya.

Dengan marketing plan yang mudah, tidak berbelit-belit menyebabkan bisnis akan diminati banyak orang, sehingga  siapapun tanpa memandang latar belakang bisa menjalankan bisnis dan mempunyai kesempatan besar untuk meraih sukses.

Support System

Support system adalah fasilitas-fasilitas disediakan oleh perusahaan untuk membantu para distributor atau member untuk mempermudah dalam mengembangkan jaringan bisnis. Support system yang diberikan oleh perusahaan sangat bervariatif mulai dari dukungan dalam bentuk tekhnologi Informatika, brosur-brosur, katalog produk, pelatihan, pertemuan bisnis, seminar-seminar dsb.

Perushaan mempunyai upaya-upaya untuk meningkatkan karakter, pengetahuan, serta kemampuan bisnis bagi seluruh membernya untuk menciptakan mereka menjadi seorang Profesional Network Enterpren agar mereka mampu bersaing dalam ikilim bisnis yang semakin kompetitif.

Garis Sponsorisasi

Bisnis MLM adalah bisnis people to peaople, sangat diperlukan team yang kapabel dan solid pada saat anda membangun sebuah jaringan bisnis. Pilih Sposnor yang mempunyai kemampuan di bisnis jaringan dan mempunyai komitment yang tinggi pada bisnis yang tengah di bangun.

Hal ini sangat penting karena sponsor adalah team player yang mempunyai pengaruh sangat besar untuk kemajuan bisnis. Seorang sponsor akan mempunyai kepedulian yang sangat besar untuk membantu dan mengarahkan para member yang berada di bawah garis sponsornya untuk mencapai sukses.

Momentum Yang Tepat

Tidak dipungkiri bergabung pada sebuah bisnis MLM pada momentum yang tepat akan menjadi salah satu faktor percepatan untuk meraih sukses.

Ferry Yulianto
(Founder Bisnis Ourcitrus)
@2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Posts
%d bloggers like this: