Perkembangan bisnis di Indonesia terus bergolak dan berubah seiring perkembangan zaman. Menurut moneysmart.id ada 8 sektor bisnis yang masih menjadi primadona bisnis tahun 2019 dan salah satu diantaranya adalah bisnis MLM. Bisnis MLM merupakan salah satu lini bisnis sepanjang jaman yang tidak lekang oleh waktu, bahkan dari tahun ke tahun bisnis MLM terus menunjukan trend kenaikan.

Tahun 2018 bisnis MLM mengalami pertumbuhan 9% , Bisnis penjualan langsung diyakini memiliki prospek untuk berkembang sepanjang 2019. Pasar bisnis penjualan langsung memiliki potensi yang besar, turut didukung oleh banyaknya usaha penjualan langsung yang baru akan beroperasi di Indonesia. (sumber APLI)

Fakta dilapangan, begitu banyak dijumpai para pelaku bisnis MLM yang suskes menjalankan bisnis MLM hingga meraih bonus milyaran rupiah serta reward liburan ke luar negeri, mobil mewah hingga rumah mewah yang bernilai milyaran rupiah. Ini alasannya yang menjadikan bisnis MLM merupakan salah satu primadona bisnis yang selalu memiliki daya pikat, tidak pernah usang dan tidak lekang oleh waktu.

Bisnis MLM bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan profesi yang menjanjikan, seperti halnya profesi sebagai agen asuransi, agen properti, sales otomotif dan lainya. Lalu bagaimana caranya meraih sukses di bisnis MLM ? Berikut cara sukses menjalankan bisnis MLM:

Menjalankan hanya 1 bisnis MLM

Pastikan hanya 1 bisnis MLM yang anda jalankan, tidak lebih. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa dengan menjalankan bisnis MLM lebih dari satu, maka hasilnya akan berlipat ganda. Ini salah besar dan hal ini adalah penyebab paling besar gagalnya seseorang menjalankan bisnis MLM. Anda akan kehilangan fokus dan dipastikan Anda tidak akan pernah mendapatkan apapun.

Ini sejalan dengan ajaran Maxwell Maltz, ciri yang paling menonjol pada pribadi sukses adalah Sense of direction. Pribadi sukses mempunyai kemampuan untuk mengarahkan dan memimpin dirinya sendiri. Ia tidak ditentukan oleh situasi lingkungannya (tidak reaktif). Mereka berpegang teguh pada prinsip yang diyakini dan tidak mudah digoyahkan. Mereka begitu paham dengan apa yang dilakukan dan mereka begitu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Godaan ? memang begitu banyak godaan dari bisnis-bisnis baru yang “kelihatannya” begitu menarik yang datang kepada Anda. Disinilah mental Anda diuji, apakah anda akan tetap kuat berpegang pada bisnis (prinsip) yang sudah menjadi pilihan Anda. Dan jika Anda tergiur “kelar sudah karir anda” di bisnis MLM, karena Anda hanya akan menjadi “kutu loncat” yang terus berpindah-pindah dari bisnis yang satu ke bisnis lainya. Anda tidak akan mendapatkan apapun dan Anda hanya akan menjadi objek dari bisnis MLM. Gagal Total.

Pilih 1 Bisnis MLM Yang Baik Dan Tekun Menjalankan Proses Bisnisnya

Dari sekian banyak penawaran bisnis MLM yang datang kepada Anda, mulailah Anda pelajari dan seleksi satu persatu. Jika dirasa sudah cukup, segera tentukan pilihan bisnis mana yang akan Anda “pinang”. Ciri bisnis MLM yang baik harus memenuhi 6 kriteria di bawah ini:

Perusahaan
Pastikan perusahaan dari bisnis yang Anda pilih sudah memenuhi legalitas, manajemen profesional, memiliki kantor yang jelas

Produk
Pastikan produk dari bisnis yang Anda pilih sudah memenuhi legalitas secukupnya, mempunyai pasar yang luas dan produk berkualias dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Marketing Plan
Pastikan bahwa marketing plan mudah dijalankan oleh siapa saja, pelajari system pembayaran bonusnya dan hitung berapa potensi maksimal bonus yang bisa Anda dapatkan setiap harinya atau setiap bulannya.

Support System
Pastikan bisnis yang anda pilih, sudah memiliki support system. Ini penting karena support system merupakan alat bantu yang mempermudah bagi member dalam menjalankan bisnis. Support system menyediakan alat-alat presentasi dan support system juga merupakan lembaga eduksi bisnis yang akan memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan untuk terus meningkatkan kemampuan member.

Momentum atau Timming
Pastikan Anda bergabung pada momentum yang tepat. Peluang pasar yang masih sangat luas, produk masih dibutuhkan atau selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Biasanya momentum yang baik adalah pada saat awal perusahaan baru memulai menjalankan bisnisnya atau paling tidak masih berumur kurang dari 5 tahun.

Jalur Sponsorisasi
Setelah 5 kriteria di atas Anda dapatkan, segera cari sponsor (atau jalur sponsor) yang kualified, kredibel dan mempunyai komitmen tinggi terhadap bisnis. Karena sponsor adalah bagian dari team player Anda yang akan membantu, membimbing, mengarahkan, memotivasi, saat Anda menjalankan proses bisnis menuju kesukesan.

Menerapkan Pakem Bisnis MLM

Anda wajib menerapkan pakem atau dasar dari bisnis MLM. Pakem atau dasar inilah yang sudah melahirkan banyak sekali pebisnis jaringan yang meraih sukses gemilang. Anda tidak perlu mencari cara-cara baru yang belum tentu teruji.

DUPLIKASI
Merupakan kegiatan tertinggi dalam bisnis Networking. Duplikasi berjalan dengan baik, dipastikan jaringan bisnis akan terus bertumbuh dan berkembang sehat.

Duplikasi bukan hanya bicara fisik dan tingkah laku, melainkan juga emosi, mental dan spiritual Anda. Semua harus Anda peragakan dan ditiru oleh member ANDA.

Syarat untuk menjadi leader yang berhasil dalam bisnis Networking ini hanya ada satu cara yaitu Anda harus TUMBUH dan BERKEMBANG, agar anda pantas diduplikat oleh member di bawah jaringan bisnis Anda.

EDIFIKASI
Menurut definisinya, Edifikasi berarti Memuji atau mengangkat atau menghargai atau meng-appraise seseorang tanpa berlebihan, namun tulus. Dalam hal ini adalah Upline atau sponsor atau mentor atau seseorang yang berkepentingan atas kemajuan bisnis Anda.

Anda bisa me-Edifikasi pada hal positif apapun yg melekat pada upline Anda. Tetapi yang terbaik adalah appraise tentang prestasi dan penghargaan yang telah diraihnya (upline), yang juga merupakan hot button (sumber semangat) bagi prospek Anda.

Anda memberi kekuatan kepada upline Anda dan sebagai gantinya, prospek akan lebih respek terhadap apapun yang dikatakan upline Anda. Cara yg efektif sekaligus efisien, bukan?

TEACHEBLE
Salah satu faktor penyebab gagalnya seorang Network Entrepreneur dalam membangun bisnisnya adalah sikapnya yang “tidak teachable”.

Teachable bisa diartikan sebagai satu sikap mau belajar, mau diajar atau mau mengikuti petunjuk, arahan yang sudah diberikan oleh upline atau sponsor atau mentor anda dan Rendah hati adalah kata kunci untuk dapat mempunyai sifat Teachable

NO CROSSLINING
Adalah tidak berbicara tentang masalah-masalah bisnis apalagi membicarakan kekurangan dan kelemahan bisnis, kepada orang yang bukan di jaringan Anda.

Jika ada masalah bisnis yang perlu didiskusikan segera komunikasikan kepada sponsor/upline Anda, bukan kepada CROSSLINE Anda

Sangat FATAL akibatnya pada saat Anda membicarakan masalah bisnis dengan CROSSLINE Anda. Bukan solusi yang didapat, tetapi virus negatif yang akan anda dapatkan yang akan semakin memperburuk mental Anda.

Aktif Konsultasi Dengan Sponsor

Sponsor adalah orang yang paling peduli terhadap perkembangan bisnis Anda. Sponsor akan memberikan bantuan, arahan, motivasi maupun pembekalan bisnis kepada Anda dengan sangat tulus. Agar sponsor juga mempunyai kepedulian dan perhatian yang tinggi terhadap Anda, rajin-rajinlah untuk melakukan konsultasi untuk perkembangan bisnis Anda dengan sponsor.

Karena sponsor Anda adalah orang yang sangat sibuk “dia” bukan hanya membina dan membantu Anda tetapi juga kepada para downline yang lain, maka Andalah yang harus berinisiatif untuk selalu membangun komunikasi dan konsultasi dengan sposnor.

Bekerja Dengan Downline Yang Aktif

Curahkan energi dan pikiran Anda dengan sepenuh hati untuk membantu downline aktif Anda. Mereka adalah calon-calon top leader handal, mereka adalah Good Team Player Anda, mereka adalah calon-calon orang sukses di bisnis Anda.

Bagaimana cara menemukan downline aktif Anda. Sangat mudah dan segera temukan mereka. Mereka mempunyai ciri-ciri yang sangat menonjol :

  1. Perhatikan setiap postingan atau perubahan status di media sosial
  2. Hanya menjalankan 1 bisnis
  3. Teacheble, menurut dan mau diajari
  4. Edifikasi, menghormati Anda sebagai seorang upline atau sponsor
  5. Duplikasi, dia berusaha untuk menduplikasi (mencontoh) Anda
  6. Rajin hadir disetiap pertemuan bisnis
  7. Rajin melakukan konsultasi bisnis

Bekerja Mengikuti System

Support Sytem adalah alat bantu yang dibangun secara systematis yang sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Ikuti saja system yang sudah dibangun oleh support system di bisnis Anda. Manfaatkan semua alat bantu yang telah disediakan, hadiri setiap pertemuan bisnis baik itu table talk sponsor atau upline Anda, business open preview, training, seminar dan pertemuan lainnya.

Dirangkum dari pengalaman dan perjalananan sukses para pebisnis jaringan dan sumber-sumber lain yang relefan. Sukses adalah pilihan dan sukses adalah tanggung jawab pribadi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di puncak sukses.

Ferry Yulianto @2019